Selasa, 06 Maret 2012

~Apoteker Budiman~

senyum teman2 seangkatan waktu s1, mixtura'07. Kangen sekelas sama mereka lagi deh...


Diantara tugas menyusun makalah yang kian menumpuk, mari kita cerita-cerita dulu!

Baiklah. Fase hidup berikutnya kembali dimulai. Setelah empat tahun lebih berjibaku dengan dinamika dunia kuliah S1 yang tiap bagiannya memiliki tantangan masing-masing, sekarang saya tiba pada perjalanan menempuh kuliah pendidikan profesi apoteker. Masih di Universitas yang sama, meski dengan komposisi teman-teman sekelas yang kini berbeda. Ada tambahan teman-teman baru dari universitas lain, ada juga beberapa orang senior yang kini menjadi sekelas, sisanya adalah enam orang teman seangkatan di mixtura’07 yang sekarang kembali menjadi rekan seperjuangan di kelas B ini.

Honestly, banyak yang berbeda dari kuliah profesi ini. Rasanya memang cukup berat, dengan gempuran tugas yang sambung menyambung menjadi satu, kelas-kelas yang selalu ramai dengan diskusi, pertanyaan langsung dari dosen, dan beban ‘kan-sudah-sarjana’ yang terus saja menghantui. Tapi sejujurnya, sejauh ini saya masih dapat menikmati semua itu. Setidaknya, setelah cukup lama vakum ‘belajar-banyak-topik-dengan-serius’ sejak masa awal penelitian hingga wisuda dan libur, saya merasa lebih aman dengan waktu luang yang memang tidak lagi terlampau banyak. Sepertinya, itu lebih baik daripada godaan leyeh-leyeh yang selalu saja ada saat kita lowong. Menikmati tidur yang meski lumayan singkat (kadang ditingkahi dengan mimpi seputar situasi kuliah pula -__-“), tapi terasa lebih pulas sebab tubuh telah lelah dengan kuliah yang seharian.

Di bagian hidup yang ini pula, saya terus terang lebih berharap agar waktu berjalan lebih lambat. Ya, lebih lambat. Ah, mungkin memang kesannya saya ini sangat pengecut sekali. Tapi, saya harus jujur betapa saya mengkhawatirkan kehidupan yang akan saya jalani selepas satu tahun ini berlalu. Setelah masa pendidikan apoteker ini berakhir, maka dunia yang sebenarnya akan benar-benar muncul, khan? Dunia yang menuntut aplikasi ilmu yang telah dikumpulkan selama bertahun-tahun. Dunia yang menginginkan bukti nyata dari softskill yang konon diajarkan pula di bangku perkuliahan. Dunia yang akan semakian mencecar dengan pertanyaan; setelah ini mau kemana? Apalagi, bahwa ilmu farmasi yang saya tekuni saat ini memang bukan hal yang main-main (aih, mana ada pula ilmu yang main-main?). Ya, kelompok ilmu kesehatan memang banyak berhubungan dengan nyawa dan keselamatan manusia. Pada ranah inilah, kita bisa menjadi wasilah untuk menyelamatkan hidup atau justru menjadi biang kerok melayangnya nyawa! Wal iyyadzubillah...Hmm, saya merasa butuh waktu lebih dari setahun untuk menghadapi tuntutan yang semakin berat dari titel yang akan semakin panjang dan usia yang semakin bertambah.

Maka, lamat-lamat saya sering menangkap bagaimana dosen-dosen yang mengajar pun rasanya semakin terfokus dalam memberikan ilmunya, juga disertai dengan penanaman idealisme dan sikap-sikap yang harus dimiliki oleh seorang apoteker. Memang, pasca ‘dipaksa’ untuk menempuh pendidikan di farmasi, saya mencoba mencari sebuah alasan utama yang menjadi visi dan misi saya mempelajari disiplin ilmu ini, namun justru semakin saya mempelajarinya, saya sadar bahwa saya salah jalur. Yah, saya justru semakin ‘ngeh’ bahwa ternyata jawaban atas apa yang selama ini saya inginkan dan saya cari, bukan berada di farmasi. Namun, bukankah sebab semua ini telah terjadi, maka berarti inilah takdir? Maka saya beriman kepada takdir Allah, bahwa ada kebaikan yang Allah inginkan dari ini semua.

Saya dan farmasi kemudian seperti dua orang yang dipertemukan secara paksa. Seiring dengan berjalannya waktu, kami melangkah bersama meski kadang sulit dan sering ingin saling melepaskan. Namun selanjutnya, kami terus berusaha hingga agaknya mulai menyukai, satu sama lain.

Semoga kelak, ilmu ini bermanfaat. Dan saya, eh bukan saya saja... tapi kami semua, bisa menjadi apoteker budiman!

2 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung. Jika kamu berkenan meninggalkan jejak di kolom komentar, lebih baik lagi :)