Minggu, 18 Maret 2012

Maka Kita Sederhanakan Saja, Katamu


Pergantian malam dan siang. Siang yang terik ataupun tetes hujan yang turun. Angin yang berhembus pelan maupun yang membentuk puting beliung. Proses bertemunya serbuk sari ke kepala putik hingga terjadi pembuahan. Bernapasnya tiap sel pada setiap jengkal tubuh kita. Lalu, masih banyak lagi hal-hal lainnya yang terjadi di sekitar kita, di dekat kita, bahkan di dalam tubuh kita. Kejadian yang jika kita cermati lebih seksama, maka akan kita dapati sebagai sesuatu yang sama sekali tidak sederhana. Rumit tidak terkira!

Maka kita sederhanakan saja hidup yang tidak sederhana ini. Kita bisa saja menarik garis sepanjang mungkin, namun kita harus sadar bahwa akan ada sebuah garis lain yang akan memotongnya. Maka sepanjang apapun kita telah merencanakannya, tetap saja kita punya limit masing-masing. Batas yang tidak bisa kita undur, pun kita majukan.

Kita bangun di pagi hari. Tersenyum ke arah langit. Memulai langkah pertama, lalu menyelesaikannya di penghujung malanm, sederhanakan saja! Kita bertemu dengan banyak orang, sebagiannya kita bersamai dalam tempo yang lama. Selebihnya mungkin akan berpisah dengan segera. Ada yang kita ingat terus pada detik-detik waktu yang membuat kita rindu. Tapi ada pula yang seketika kita lupakan, lalu menyisakan satu tempat kosong pada memori kita. Pada hati kita.

Maka kita sederhanakan saja hal-hal yang tidak sederhana itu. Kita anggap saja itu semua sebagai sebuah nikmat yang harus terus tersyukuri, ataukah suatu ketidaknyamanan yang patut disabari. Seperti keinginan yang tidak semuanya bisa kita raih. Seperti kebersamaan yang tidak selalu benar-benar terjadi. Kadang, sederhana saja, saat kita memang benar-benar beriman kepada takdir, maka apa yang memang telah menjadi rejeki; akan kita dapatkan. Lalu segala hal yang memang tidak pernah tertakdirkan, tidak akan pernah kita temukan dalam rangkai hidup kita.

Maka kita sederhanakan saja, katamu. Mengamini untai langkah yang akan kita tuju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Jika kamu berkenan meninggalkan jejak di kolom komentar, lebih baik lagi :)