Minggu, 17 April 2011

HEY, CANTIK!


Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Menjumpai para pemilik senyum menawan, mata jeli yang memikat, dan tutur kata yang lembut tak terlupakan. Mereka, saudariku wanita muslimah.

Bagaimana kabarmu di sana?

Adakah setiap detik yang berlalu telah kau maknai dengan sempurna? Taukah kau, bahwa grafik hidup kita akan terus menanjak, hingga sampai ke titik tertentu, lalu kembali menurun. Dan kau, saat ini sedang berada di puncak. Ya, puncak segala-galanya. Termasuk puncak kecantikanmu yang sedang merekah bak bunga di musim semi. Berlebihankah? Kurasa tidak, Cantik.

Maka bersamaan dengan itu, mungkin tanpa kau sadari begitu banyak pasang mata yang menengok saat kau melintas. Belum lagi pandangan yang mencuri-curi kesempatan dengan ujung-ujung penglihatan mereka. Meski kau tidak pernah merasa demikian, dan merasa tampil biasa-biasa saja. Tapi, kau tahulah… Musuh bebuyutan kita sejak zaman nenek moyang; syaitan laknatullah yang senantiasa menghiasi seorang wanita dengan berupa-rupa keindahan saat ia keluar dari rumahnya.

Maka simaklah ini, Cantik. Betapa besar fitnah yang dapat timbul dari dirimu. Fitnah yang mungkin akan membuat saudara kita akan lebih sulit memejamkan mata di malam hari. Atau yang membuat mereka semakin terbata saat mengulang hapalan-hapalan mereka. Maka mungkin, ada baiknya jika kita turut membantu mereka untuk menjaga pandangannya. Ya, dengan menjaga tampilan kita. Menjaga tingkah kita. Hmm…, aku tidak menyuruhmu untuk menjadi kaku dan menarik diri dari pergaulan. Bukankah agama kita mengajarkan sikap wasath –pertengahan? Maka lakukanlah segala hal sesuai dengan kapasitasnya. Sesuai, dan tidak berlebihan.

Hey, Cantik. Aku terkadang sedih saat memandang foto-foto yang kau pajang di dunia maya. Yah, aku tahu mungkin kau menganggapnya sebagai sebuah bentuk ekspresi diri yang menyenangkan. Tapi tahukah kau, aku selalu mencari sehelai kain yang biasanya kau tutupkan di kepalamu, yang kerap tidak nampak saat kau muncul lewat fotomu di halaman internet. Cantik, bukankah Allah melihat kita dimana pun? Di dunia nyata, maupun dunia maya, Dialah Rabb yang sepatutnya kita ibadahi dengan total. Persis seperti totalitas saat kau mengerjakan tugas-tugas sekolah, tugas kuliah, atau tugasmu di kantor. Maka bukankah menutup aurat merupakan ibadah yang agung kepadaNya? Mengenakan pakaian takwa yang dipilihkan olehNya. Yah, bukan oleh siapa-siapa; tapi oleh Allah. Maka kenakanlah ia dengan niat tulus yang kuyakin ada di hatimu. Karena Allah saja; dimana pun, kapan pun.

Cantik, aku bukanlah orang yang sempurna dan suci seperti Ibunda Maryam. Mungkin diri ini lebih hina darimu dan lebih rendah kedudukannya di hadap Allah. Tapi sungguh… Sungguh aku khawatir akan hari dimana aku akan ditanya mengenai kewajibanku menyampaikan hal ini padamu. Maka kusampaikan ini, sebagai hakmu menerimanya. Dan juga sebagai bukti betapa aku mencintai kebaikan pada dirimu.

Hey, Cantik! Tetaplah menjadi yang terindah, layaknya bagaimana agama ini telah mengangkat derajat kita. Mengapa pula harus kita menutup segala keindahan itu dan menyimpannya hingga datang orang yang ditakdirkan Allah? Sebab demikianlah tiap insan akan memperlakukan berlian yang berharga. Ia disimpan di tempat tertutup. Tidak sembarangan dipegang oleh siapapun, dan tidak dihargai dengan harga yang murah. Tapi kau tahu Cantik, betapa indahnya kau dalam lindungan syariatNya.

Semoga kita selalu diberi kesempatan untuk saling nasihat menasihati dalam kebaikan, dan saling nasihat menasihati dalam menetapi kesabaran.

Dari Saudarimu.
NB: Luangkan waktu untuk membuka ayat ke-31 Surah An Nur dan Al Ahzab ayat ke-59. Ada pesan berharga dari Allah, khusus untuk kamu; muslimah cantik yang berharga. ^_^

gambar dari sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Jika kamu berkenan meninggalkan jejak di kolom komentar, lebih baik lagi :)